Dalam
komunikasi pemasaran perlu dirumuskan tujuan yang ingin dicapai dari
proses komunikasi pemasaran yang akan dilakukan. Setelah menentukan
khalayak sasaran dengan persepsinya, pemasar harus memutuskan respon
yang terjadi. Respon khalayak tersebut dapat berupa cognitive (tahap
kesadaran), affective (tahap pengaruh), behavioral/conative (tahap
tindakan pembelian).
Model AIDA (Attention, Interest, Desire,
Action) adalah salah satu model hirarki respon yang cukup popular bagi
pemasar sebagai pedoman dalam melaksanakan kegiatan pemasaran. Menurut
model ini, alat promosi harus menarik perhatian, mendapatkan dan
mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan tindakan.
Dalam membangun program komunikasi yang efektif, aspek terpenting
adalah memahami proses terjadinya respon dari konsumen, misalnya dalam
hal konsumen melakukan pembelian suatu produk, maka diperlukan
pemahaman mengenai usaha promosi yang dapat mempengaruhi respon
konsumen tersebut (Belch 1995:163 dalam Nurbenny 2005:38).Teori keputusan pembelian dalm model AIDA dijelaskan dalam empat tahap sebagai berikut :
• Tahap Menaruh Perhatian (Attention)
• Tahap Ketertarikan (Interest)
• Tahap Berhasrat/Berniat (Desire )
• Tahap Memutuskan untuk aksi beli (Action)
Teori AIDA (Tjetjep Djatnika,2007) yang mendalilkan bahwa pengambilan keputusan pembelian adalah suatu proses psikologis yang dilalui oleh Konsumen atau pembeli, prosesnya yang diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention) terhadap barang atau jasa yang kemudian jika berkesan dia akan melangkah ke tahap ketertarikan (Interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk atau jasa tersebut yang jika intensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat (Desire) karena barang atau jasa yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan-nya. Jika hasrat dan minatnya begitu kuat baik karena dorongan dari dalam atau rangsangan persuasif dari luar maka konsumen atau pembeli tersebut akan mengambil keputusan membeli (Action to buy) barang atau jasa yang di tawarkan.
http://danilsyah.blogspot.com/2011/07/pengertian-aida-dalam-kewirausahaan.html
kalo yang dimaksud dengan AIDA+5 itu apa ya ?
BalasHapusterimakasih artikelnya